Proyeksi Perubahan Curah Hujan

Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG menyediakan informasi berupa peta spasial dari proyeksi perubahan parameter curah hujan dan suhu beserta indeks-indeks turunannya, untuk seluruh wilayah Indonesia dalam resolusi spasial 25 km x 25 km.

Peta proyeksi iklim ini merupakan hasil pengolahan data keluaran dari kegiatan pemodelan iklim regional dalam konsorsium internasional pemodelan iklim CORDEX-SEA, dimana BMKG menjadi salah satu bagian didalamnya. Data yang didapat dari keluaran kegiatan pemodelan CORDEX-SEA terdiri atas ensemble dari hasil proses downscaling enam jenis model proyeksi iklim global (GCM) dalam dua skenario RCP. Data ini disajikan dalam bentuk peta perubahan rata-rata normal / rata-rata komposit dari dua periode yang dibandingkan untuk parameter-parameter iklim terkait curah hujan dan suhu. Periode yang dibandingkan adalah periode hasil simulasi historis model (1976-2005) dengan periode proyeksi dengan skenario kenaikan gas rumah kaca dalam jangka waktu near-future (2020-2049). Dua skenario kenaikan gas rumah kaca yang digunakan adalah RCP4.5 dan RCP8.5.

Peta-peta ini dirangkum dalam bentuk buku atlas fisik dan/atau dokumen elektronik yang dapat diakses dengan menghubungi Pelayanan Terpadu Satu Pintu BMKG (PTSP-BMKG), dengan jumlah PNBP yang dapat dilihat pada laman: Produk dan Tarif PTSP atau laman: PTSP-BMKG pada bagian Layanan -> Jenis Layanan dan Tarif, pada item nomor I.B.3.a.2.a.

Untuk layanan yang lebih spesifik (semisal untuk kebutuhan binary raw-data atau shapefile dari peta-peta yang ada) dan/atau lebih detail (semisal untuk kebutuhan skala administrasi yang lebih spesifik) dan/atau hal-hal yang sifatnya customized lainnya, yang ditujukan untuk keperluan yang bersifat komersial, dapat mengacu pada item nomor II.b mengenai Jasa Konsultasi Klimatologi - Analisis Iklim, dengan jumlah PNBP yang dapat dilihat pada laman yang disebutkan diatas (Produk dan Tarif PTSP).

Untuk layanan yang lebih spesifik (semisal untuk kebutuhan binary raw-data atau shapefile dari peta-peta yang ada) dan/atau lebih detail (semisal untuk kebutuhan skala administrasi yang lebih spesifik) dan/atau hal-hal yang sifatnya customized lainnya, yang ditujukan untuk keperluan yang bersifat non-komersil (semisal untuk penelitian akademik, pengembangan masyarakat, kegiatan di lingkungan lembaga pemerintah, dan lain-lain), dapat dilakukan dengan menghubungi Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG untuk pengajuan dan pembahasan kerjasama terkait aktivitas yang dilakukan.

Terkait atlas yang telah disebutkan diatas (Peta Proyeksi Iklim Indonesia), berikut ditampilkan beberapa contoh (dalam resolusi gambar yang terbatas) sebagai etalase dari produk atlas yang utuh:

1. Peta Proyeksi Perubahan Curah Hujan Kumulatif Musiman2. Peta Proyeksi Jumlah Hari Hujan Lebat Musiman3. Peta Proyeksi Jumlah Hari Kering Musiman4. Peta Proyeksi Jumlah Hari Hujan Musiman5. Peta Proyeksi Perubahan Jumlah Hari Kering Berturut-turut Terpanjang Musiman6. Peta Proyeksi Perubahan Jumlah Hari Hujan Berturut-turut Terpanjang Musiman

 

7. Peta Proyeksi Perubahan Jumlah Hari Hujan Sangat Lebat Musiman

8. Peta Proyeksi Perubahan Jumlah Hari Hujan Ekstrem Musiman

9. Peta Proyeksi Perubahan Curah Hujan Harian Maksimum Musiman10. Peta Proyeksi Perubahan Curah Hujan Kumulatif 5-Harian Maksimum Musiman

11. Peta Proyeksi Perubahan Intensitas Hujan Harian Musiman

12. Peta Proyeksi Perubahan Awal Musim Hujan

13. Peta Proyeksi Perubahan Panjang Musim Hujan

 

 

Gempabumi Terkini

  • 22 April 2024, 10:03:13 WIB
  • 4.6
  • 13 km
  • 1.09 LU - 127.02 BT
  • Pusat gempa berada di laut 49 km Baratlaut Jailolo
  • Dirasakan (Skala MMI): III-IV Ternate
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 49 km Baratlaut Jailolo
  • Dirasakan (Skala MMI): III-IV Ternate
  • Selengkapnya →

Siaran Pers