Kepala BMKG Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai: Komitmen Mendukung Transisi Energi Hijau

  • Fahmi Dendi Saputra
  • 01 Jun 2024
Kepala BMKG Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai: Komitmen Mendukung Transisi Energi Hijau

Dumai (01 Juni 2024) - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Acara tersebut diadakan di Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR) Dumai, Provinsi Riau. Dwikorita didampingi oleh Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno dan Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Irwan Nasution, yang juga bertindak sebagai Koordinator BMKG Provinsi Riau.

Peringatan tahun ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", mencerminkan visi Indonesia dalam menyongsong usia emas pada tahun 2045, saat negara ini genap berusia 100 tahun. Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya percepatan transisi energi menuju ekonomi hijau sebagai langkah strategis untuk masa depan Indonesia.

"Transisi energi menuju ekonomi hijau adalah langkah strategis yang harus kita percepat," tegas Presiden Joko Widodo. Ia menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam berbagai jenis energi hijau, seperti energi panas bumi, energi surya, energi air, energi angin, dan energi ombak. Potensi ini tidak hanya akan menarik industri hijau tetapi juga membuka peluang pembiayaan ekonomi hijau serta menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan dan menyejahterakan rakyat.

Sebagai bentuk dukungan terhadap transisi ini, BMKG berkomitmen untuk meningkatkan layanan informasi cuaca yang akurat dan handal. Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa BMKG akan terus memperkuat kapasitas sumber daya manusia, khususnya di Provinsi Riau, yang merupakan wilayah strategis dalam konteks perubahan iklim dan transisi energi.

BMKG berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi cuaca yang akurat guna mendukung berbagai sektor, termasuk sektor energi hijau yang sedang berkembang. Dwikorita terus mendorong sumber daya manusia BMKG untuk selalu meningkatkan kualitas layanan informasi cuaca, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi berbagai kegiatan ekonomi dan menjaga keselamatan masyarakat.

Kehadiran BMKG dalam upacara ini juga merupakan wujud nyata pengamalan nilai-nilai Pancasila demi kesejahteraan dan keberlanjutan bangsa. Dengan komitmen yang kuat, BMKG berharap dapat terus berperan dalam menjaga kesejahteraan dan keberlanjutan bangsa, sejalan dengan semangat Pancasila. Dukungan BMKG dalam menyediakan informasi cuaca yang handal di Riau diharapkan dapat mendukung percepatan transisi energi menuju ekonomi hijau, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Gempabumi Terkini

  • 21 Juni 2024, 07:11:19 WIB
  • 5.7
  • 78 km
  • 3.54 LS - 140.01 BT
  • Pusat gempa berada di darat 68 km timur laut Yalimo
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Wamena, II Kota Jayapura, II Kab. Jayapura
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 68 km timur laut Yalimo
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Wamena, II Kota Jayapura, II Kab. Jayapura
  • Selengkapnya →

Siaran Pers