Analisis Dinamika Atmosfer dan Laut Dasarian II April 2017

  • Mohammad Ridwan
  • 21 Apr 2017

PREDIKSI DASARIAN III APRIL 2017

  • Aliran massa udara di wilayah Sumatera bag.utara, Kalimantan bag.tengah dan utara, Sulawesi bag.utara, Maluku Utara dan Papua Barat didominasi angin baratan, terdapat pertemuan angin disekitar Riau Kepulauan, Kalimantan Tengah dan timur, Sulawesi bag.utara dan Maluku Utara, yang mendukung penambahan massa uap air dan pembentukan awan hujan. pertemuan angin dari utara dan selatan disekitar Sumatera bagian utara, Sumsel, Babel, Kalimantan Tengah dan Selatan, Sulawesi Tengah, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, yang mendukung penambahan massa uap air dan pembentukan awan hujan. Pengurangan pembentukan awan-awan hujan disekitar Jawa bag.timur, Bali dan Nusatenggara dengan menguatnya indek monsoon Australia.
  • Prediksi curah hujan disebagian besar wilayah Indonesia pada kisaran menengah (50-150mm/Dasarian), kecuali Jawa bag.timur, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan bag.selatan pada kisaran rendah ( < 50mm/Das), Sedangkan Papua tengah timur, masih tinggi (> 150mm/Das), Sifat Hujan di dominasi Atas Normal (AN) kecuali di wilayah Sumatera bagian tengah, Kalimantan Barat dan Tengah, Jawa Tengah bag.utara, Sulawesi Selatan, Bali, sebagian NTT bag.barat dan Papua tengah pada kisaran Normal (N).
PREDIKSI BULAN MEI 2017
  • Prediksi Curah Hujan Sebagian besar Curah hujan pada kisaran menengah (150-300mm/bulan) kecuali Jawa, Bali, Nusatenggara pada kisaran (20-150mm/Bulan). Curah Hujan Tainggi (>300mm/Bulan) berpeluang di kepulauan Maluku dan Papua bagian tengah sekitar Pegunungan Jayawijaya. Sifat Hujan Bawah Normal berpeluang disekitar pesisir selatan Sumatera, Jawa, Kalimantan barat dan tengah, Sulawesi Selatan dan sebagian NTT dan Papua bag.selatan.
  • Curah Hujan tinggi selama DAS III April berpeluang di bagian utara Sumatera, sepanjang pesisir tengah Sumatera dan Jawa bagian barat, Kalimantan bagian Utara dan Timur, Sulawesi tengah, dan Gorontalo, Maluku dan sebagian besar Pulau Papua.
- Klik tautan ini jika PDF di atas tidak muncul.