Sekolah Lapang Iklim Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022

  • Rozar Putratama
  • 13 Sep 2022
Sekolah Lapang Iklim Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022

Airmadidi - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sulawesi Utara kembali mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dengan tema "Peningkatan Pemahaman Informasi Iklim untuk Petani Cerdas dan Tangguh" di Balai Kelurahan Sarongsong II, Kecamatan AIrmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Prov. Sulawesi Utara pada hari Rabu, 24 Agustus 2022.

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang terkena dampak akibat adanya perubahan iklim. Salah satu indikasinya adalah kejadian cuaca dan iklim ekstrim semakin sering terjadi sehingga dapat mengancam penurunan produksi pertanian baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Demikian pula berkembangnya hama penyakit disebabkan terganggunya pola tanam yang yang kemudian dapat mengancam hasil panen. Untuk itu dibutuhkan kepedulian terhadap cuaca dan iklim untuk mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Kegiatan SLI kali ini diikuti oleh total 40 peserta yang terdiri dari 30 orang Penyuluh Pertanian Lapang dan 20 orang petani mandiri yang tersebar di Kecamatan AIrmadidi. Di era new normal ini, kegiatan SLI dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, Kepala Balai Besar Klimatologi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV memberikan sambutan dan membuka acara ini. Turut hadir perwakilan Deputi Bidang Klimatologi yang diwakili oleh Widyaiswara Utama Ibu Dra. Nurhayati, M.Sc, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara, Kepala BPTP dan BPPMPTH Provinsi Sulawesi Utara, Lurah Kecamatan Sarongsong, Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan, Koordinator BMKG Sulawesi Utara, Kepala UPT Stasiun Klimatologi Seluruh Indonesia melalui virtual zoom.

Selama rangkaian kegiatan SLI, peserta sangat aktif dan antusias dalam menerima materi dari seluruh narasumber. Bapak Irwan Slamet, ST, M.Si menyampaikan bahwa "SLI merupakan salah satu program literasi yang ditargetkan untuk Penyuluh Pertanian, Penyuluh Organisme Pengganggu Tanaman dan Petani untuk memahami informasi iklim dan implementasinya di sektor pertanian. Saat ini, kegiatan SLI Tematik yang diselenggarakan merupakan kegiatan yang digagas oleh BMKG, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemanfaatan iklim bagi petani dan penyuluh. Hal ini merupakan upaya untuk mentransfer pengetahuan tentang ilmu iklim dasar kepada para pemangku kepentingan, istilah teknis dalam informasi iklim BMKG diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari yang praktis dan mudah dipahami".

Gempabumi Terkini

  • 25 September 2022, 03:32:27 WIB
  • 4.8
  • 10 km
  • 9.63 LS - 114.37 BT
  • Pusat gempa berada di laut 132 km BaratDaya Kuta Selatan
  • Dirasakan (Skala MMI): III Kuta, II Denpasar, II Gianyar
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 132 km BaratDaya Kuta Selatan
  • Dirasakan (Skala MMI): III Kuta, II Denpasar, II Gianyar
  • Selengkapnya →

Siaran Pers