Tutup Program SLI, Sekda Kabupaten Sintang Ucapkan terima kasih pada BMKG.

  • Rozar Putratama
  • 04 Sep 2023
Tutup Program SLI, Sekda Kabupaten Sintang Ucapkan terima kasih pada BMKG.

SINTANG - Stasiun Klimatologi Kalimantan Barat menggelar Kegiatan panen raya dan Penutupan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang pada Sabtu 2 September 2023.

Para petani di Kecamatan Kelam Permai belajar di SLI untuk diberikan edukasi mengenai informasi serta adaptasi terhadap cuaca dan iklim esktrem dalam pertanian. Selain dibekali materi soal cuaca dan iklim, para petani juga langsung menanam padi varietas Inpari Zink dengan sistem tanam jajar legowo.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas Kalimantan Barat,Luhur Tri Uji Prayitno mengatakan bahwa SLI ini merupakan kegiatan pusat yang diselenggarakan di daerah. Luhur berharap, lewat program SLI dapat meningkatkan ketahanan pangan, terutama tanaman padi serta komoditas tanaman pangan, hortikultura, maupun komoditas perkebunan lainnya.

"SLI ini bukan hanya untuk tanaman padi saja, namun juga dapat diaplikasikan pada komoditas perkebunan" jelasnya.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Hartanto mengatakan target SLI untuk memberikan pemahaman pada para petani agar mampu memahami informasi yang disampaikan oleh BMKG secara baik dan benar serta didemontrasikan.

"Tentunya kondisi di lapangan juga tergantung dengan kondisi musim, tanah dan sebagainya, ini harus kita antisipasi. Cucaca dan iklim adalah merupakan banyak hal yang menganut ketidakpastian dan informasi teknlogi saat ini diharapkan BMKG mampu memberikan pemahaman yang lebih pada masyarakat terutama petani, agar mampu beradaptasi dengan perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi," kata Hartanto.

Hartanto menyebut, pengetahuan para petani kian meningkat setelah mengikuti SLI bersama dengan BMKG.

"Selanjutnya kita mengawal agar informasi ini tidak terputus, tidak hanya di SLI, tapi berkelanjutan. Diharapkan nanti alumni SLI ini tetap menjalin koordinasi dan informasi pada BMKG. Diharapkan dengan adanya SLI ini minimal satu orang bisa berbagi pengetahuan kepada dua orang petani di sekitarnya." harapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mengapresiasi kegiatan SLI Operasional yang diselenggarakan oleh BMKG kepada para petani di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang.

Kartiyus menilai, program SLI dapat meningkatkan pemahaman peserta menjadi petani profesional untuk meningkatkan kesejahteraan kedepannya.

"Pertama pemda berterima kasih kepada BMKG karena telah mendampingi petani di desa kebong. Ini bagus, memang kita harus membiasakan diri berkolaborasi dengan banyak pihak. BMKG sudah menunjukkan iktikad baik contoh bagus. Bisa bermitra dengan petani kita. Supaya keluar dari kemiskinan dan bisa sejahtera," ujar Kartiyus, kemarin.

Selama ikut SLI, petani diberikan edukasi mengenai informasi serta adaptasi terhadap cuaca dan iklim esktrem dalam pertanian. Kedepan Kartiyus berharap Dinas Pertanian dan Perkebunan melanjutkan program SLI mendampingi para petani.

"Kedepan harapan saya dari dinas pertanian bisa melanjutkan, karena ilmu iklim ini penting terutama petani padi supaya tahu kapan musim kemarau musim hujan angin kuat. Petani kita harus profesional. Jadi kita sangat senang petani kita diberikan ilmu oleh BMKG. Ini contoh baik bisa membantu kesejahteraan petani," ujar Kartiyus.

Gempabumi Terkini

  • 15 Juni 2024, 22:31:03 WIB
  • 4.8
  • 30 km
  • 4.89 LS - 103.02 BT
  • Pusat gempa berada di laut 38 km barat daya Kaur
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Bengkulu Selatan, II-III Kaur, III Pesisir Barat, III Lampung Barat
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di laut 38 km barat daya Kaur
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Bengkulu Selatan, II-III Kaur, III Pesisir Barat, III Lampung Barat
  • Selengkapnya →

Siaran Pers