RDP Komisi V DPR RI, BMKG Apresiasi Sinergi Antar Kementerian Amankan Arus Mudik dari Cuaca Ekstrem

  • Kholis Nur Cahyo
  • 06 Jun 2024
RDP Komisi V DPR RI, BMKG Apresiasi Sinergi Antar Kementerian Amankan Arus Mudik  dari Cuaca Ekstrem

Jakarta, 5 Juni 2024 - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan pelayanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI. Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS), serta stakeholder terkait.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, melaporkan rekapitulasi kejadian cuaca ekstrem yang terjadi selama periode lebaran. Ia menyebutkan bahwa Provinsi Jawa Barat mencatat jumlah kejadian cuaca ekstrem tertinggi. Berkaitan dengan bencana tanah longsor di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Dwikorita menjelaskan bahwa peringatan dini cuaca ekstrem telah dikeluarkan sejak 1 Maret 2024.

"Pada tanggal 2 Maret kami mengulangi peringatan dini, dan pada tanggal 3 Maret kami mengeluarkan peringatan dini sebanyak lima kali mulai pukul 10 pagi," ungkapnya. Peringatan dini tersebut disampaikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada pihak terkait dan publik melalui berbagai media, dengan harapan dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

BMKG mengapresiasi kerja sama dengan berbagai pihak, terutama di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheuni, di mana SOP bersama antara BMKG, BPTD, dan Korlantas telah disusun sejak tahun lalu untuk menyebarluaskan informasi cuaca dan peringatan dini. "Kami memasang radar untuk menunjang informasi cuaca yang akurat. Ketika cuaca ekstrem terjadi, informasi tersebut diterima oleh BPTD," tambahnya.

Pada sektor penerbangan, BMKG mengeluarkan puluhan peringatan dini terkait cuaca ekstrem serta 276 peringatan dini terkait abu vulkanik. Meskipun banyak terjadi cuaca ekstrem, berkat sinergi dan dukungan dari pihak Kementerian Perhubungan dan stakeholder bandara, kecelakaan dapat dihindari.

Komisi V DPR RI memberikan apresiasi kepada BMKG, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BNPP/Basarnas, Korlantas Polri, beserta seluruh operator transportasi nasional dan operator jalan tol yang telah bekerja maksimal dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024/1445 H.

BMKG menanggapi beberapa permintaan Komisi V DPR RI juga untuk peningkatan kesiapsiagaan dalam memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem kepada masyarakat. Peningkatan keakuratan dalam memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem terus dilakukan guna mendukung keselamatan dan kelancaran arus mudik dan balik di masa mendatang.

Gempabumi Terkini

  • 21 Juni 2024, 07:11:19 WIB
  • 5.7
  • 78 km
  • 3.54 LS - 140.01 BT
  • Pusat gempa berada di darat 68 km timur laut Yalimo
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Wamena, II Kota Jayapura, II Kab. Jayapura
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 68 km timur laut Yalimo
  • Dirasakan (Skala MMI): II-III Wamena, II Kota Jayapura, II Kab. Jayapura
  • Selengkapnya →

Siaran Pers