Pembukaan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester II Tahun 2022 Balai Besar MKG Wilayah I

  • Hatif Thirafi
  • 18 Jan 2023
Pembukaan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester II Tahun 2022 Balai Besar MKG Wilayah I

Medan - Balai Besar MKG Wilayah I menyelenggarakan Rekonsiliasi Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2022 secara Luring (Offline) di Le Polonia Hotel & Convention, Medan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari (16-19 Januari 2023) ini dilakukan untuk mewujudkan laporan keuangan yang berkualitas.

Rapat Rekonsiliasi Keuangan ini dibuka oleh Deputi Bidang Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi.

"Kami berharap akuntabilitas pelaksanaan dan penggunaan anggaran tersebut harus teruji sehingga dihasilkan laporan keuangan yang akuntabel sebagai rangkaian tahapan bahan pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan BMKG Semester II TA. 2022," ujarnya.

Perlu diketahui bersama berdasarkan Undang - Undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Undang - Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) serta Undang - Undang terkait lainnya, BPK telah memeriksa Laporan Keuangan BMKG tahun 2021 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Menurut opini BPK, laporan keuangan BMKG Tahun 2021 telah menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan BMKG tanggal 31 Desember 2021 dan realisasi anggaran, operasional serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sudah sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah.

"Patut kiranya kita semua bersyukur kehadira Tuhan YME atas prestasi puncak ini berkat jerih payah dan kerja keras seluruh jajaran BMKG, sehingga WTP kali ini menggenapkan capaian Opini WTP untuk ketujuh kalinya berturut-turut sejak Tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021," tutur Suko Prayitno Adi.

Ia juga mengajak seluruh insan dan jajaran BMKG tetap bekerja keras dan bersungguh-sungguh serta selalu berupaya secara terus-menerus mempertahankan capaian atas Opini BPK RI di tahun-tahun mendatang.

Suko Prayitno Adi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada Kementerian Keuangan dan juga seluruh peserta rekonsiliasi, petugas SAIBA dan SIMAK-BMN, serta panitia, atas bantuannya yang diberikan sehingga Rekonsiliasi Laporan Keuangan BMKG Semester II Tahun 2022 terselenggara dengan baik.

Selain Rekonsiliasi, dilaksanakan juga Audiensi oleh Deputi Bidang Geofisika dan Sosialiasi dari Inspektorat, Kepala Pusat Instrumen, Kalibrasi dan Rekayasa, Kepala Biro Umum dan SDM, serta Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG untuk membangun sinergi lebih kokoh dan tangguh demi mewujudkan lembaga MKG yang berkelas dunia. */aina

Gempabumi Terkini

  • 30 Januari 2023, 22:10:21 WIB
  • 3.5
  • 10 km
  • 8.38 LS - 120.57 BT
  • Pusat gempa berada di darat 28 km Timur laut Ruteng
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Ruteng, II - III Borong
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 28 km Timur laut Ruteng
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Ruteng, II - III Borong
  • Selengkapnya →

Siaran Pers