Kontribusi Nyata untuk Indonesia, Pesan Kepala BMKG kepada Awardee LPDP

  • Kholis Nur Cahyo
  • 09 Jul 2024
Kontribusi Nyata untuk Indonesia, Pesan Kepala BMKG kepada Awardee LPDP

Jakarta, 09 Juli 2024 - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menjadi pembicara dalam kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK) Beasiswa LPDP Angkatan 235 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dalam acara tersebut, Dwikorita didampingi oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Nelly Florida Riama.

Kegiatan yang dihadiri oleh 303 penerima beasiswa dari berbagai disiplin ilmu ini dihadiri langsung oleh Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso dan Wisnu Sardjono Soenarso yang berperan sebagai moderator dalam sesi tanya jawab.

Dalam sambutannya, Dwikorita memberikan pembekalan bagi penerima beasiswa / awardee yang akan melanjutkan studi magister dan doktor di kampus-kampus ternama baik di dalam maupun luar negeri. Internalisasi nilai-nilai integritas, nasionalisme, dan wawasan global sebagai modal utama bagi pemimpin masa depan bangsa.

Menurut Dwikorita, perubahan iklim dan dinamika global yang semakin kompleks, pemahaman tentang ilmu meteorologi, klimatologi, dan geofisika sangatlah penting. "Sebagai bangsa yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia memerlukan expert yang mampu mengelola dan memanfaatkan potensi ini secara berkelanjutan, termasuk mitigasi bencana, adaptasi perubahan iklim, dan pengembangan teknologi ramah lingkungan," jelas Dwikorita.

Dwikorita juga mengingatkan awardee LPDP untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar dan mengembangkan diri. Ia menegaskan bahwa ilmu yang diperoleh tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga harus dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia.

"Kita sudah studi, lalu kembali ke Indonesia, tentu ujung-ujungnya adalah bagaimana kita yang sudah beruntung ini bisa mendedikasikan ilmu kita untuk transforming dari hal yang kurang menjadi lompatan (inovasi)," tambahnya.

Kegiatan PK LPDP ini tidak hanya memberikan pembekalan akademik, tetapi juga berbagai materi lain yang menunjang pengembangan diri, seperti kepemimpinan, public speaking, dan personal branding. Semua ini dirancang untuk mempersiapkan para penerima beasiswa agar siap menghadapi tantangan di masa depan dan mampu menjadi agen perubahan yang tangguh.

Program beasiswa LPDP merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Melalui program ini, para putra-putri terbaik bangsa diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri, dengan harapan mereka dapat membawa ilmu dan pengalaman yang berharga untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Gempabumi Terkini

  • 13 Juli 2024, 20:35:25 WIB
  • 3.1
  • 15 km
  • 3.28 LS - 129.42 BT
  • Pusat gempa berada di darat 46 km tenggara Sawai-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): II Tehoru
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 46 km tenggara Sawai-Maluku Tengah
  • Dirasakan (Skala MMI): II Tehoru
  • Selengkapnya →

Siaran Pers