Entry Meeting of the External Review Visit Indonesia Regional Training Center Reconfirmation

  • Hatif Thirafi
  • 28 Nov 2022
Entry Meeting of the External Review Visit Indonesia Regional Training Center Reconfirmation

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima kunjungan dari perwakilan World Meteorological Organization (WMO) dalam agenda Entry Meeting of the External Review Visit Indonesia Regional Training Center Reconfirmation, Senin (28/11).

WMO Regional Training Center in Indonesia (Ina-RTC) merupakan sebuah institusi yang menyelenggarakan pelatihan di bidang meteorologi, klimatologi, hidrologi, dan ilmu-ilmu terkait melalui National Meteorological and Hydrological Services (NMHSs). NMHS Indonesia memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyediakan data dan informasi terkait meteorologi, klimatologi, dan hidrologi untuk keselamatan dan kesejahteraan publik. Di Indonesia, layanan tersebut disediakan oleh dua organisasi, yaitu BMKG dan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno mengatakan bahwa sejak pendirian Indonesia Regional Training Center pada tahun 2012 untuk RA-V membawa pergerakan yang signifikan terhadap kebutuhan.

"NMHS Indonesia memiliki kesempatan untuk memperluas program pengembangan kapasitas, baik untuk staf nasional maupun Negara Anggota RA-V untuk memberikan layanan baru dan lebih baik di sektor yang sensitif terhadap cuaca, iklim dan air," ujar Dwi Budi.

Di hadapan tim reviewer dr WMO, Dwi Budi menyampaikan capaian Wakil Tetap RI dengan WMO serta pimpinan tinggi BMKG dan PUPR dalam mendukung strategi RTC untuk meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara komunitas pelatihan dan pendidikan untuk memenuhi permintaan publik saat ini, seperti WMO EC Capacity Development Panel (EC-CDP), The Community for Advance Leraning in Meteorology and related Disciplines (CALMet), dan entitas lain di bawah WMO Global Campus Initiative.

"Keterlibatan tersebut antara lain memperkuat kemampuan dalam melakukan kegiatan e-learning yang dimulai sejak tahun 2017. Sehingga saat pandemi melanda Indonesia pada tahun 2020, pembelajaran di lembaga tetap berjalan dan tidak perlu dikesampingkan menjadi pilihan kedua karena keunggulan online/optimalisasi platform virtual," sebutnya.

Lebih lanjut, Dwi Budi memahami bahwa program rekonfirmasi adalah salah satu strategi WMO untuk mendukung RTC dalam menyediakan program pelatihan berkualitas tinggi yang berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pelatihan regional. Proses review tidak hanya menangkap kelemahan tetapi juga akan mencakup mengungkapkan kekuatan dari program pelatihan yang diberikan serta mengidentifikasi area pengembangan.

"Oleh karena itu, saya mendorong tim manajemen RTC Indonesia untuk dengan hormat menerima semua masukan dan rekomendasi dari Tim Reviewer. Kita harus menganggap itu sebagai 'hadiah' dalam mengembangkan program peningkatan kapasitas Indonesia untuk meningkatkan kualitas, relevansi dan cakupan, membantu RTC Indonesia untuk mendapatkan pengaruh potensial dalam menyediakan sumber daya pelatihan yang sangat dibutuhkan," lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Dwi berharap kegiatan peninjauan ini mampu memberikan kontribusi terbaik demi kesuksesan RTC Indonesia.

"Saya berharap kesempatan ini dapat kita gunakan untuk meningkatkan kualitas layanan kita, sehingga RTC Indonesia ke depan dapat mengembangkan kapasitas sumber daya manusia di tingkat nasional dan regional dengan mempertimbangkan perubahan teknologi pembelajaran yang cepat dan kebutuhan peserta didik," pungkasnya.

Gempabumi Terkini

  • 30 Januari 2023, 22:10:21 WIB
  • 3.5
  • 10 km
  • 8.38 LS - 120.57 BT
  • Pusat gempa berada di darat 28 km Timur laut Ruteng
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Ruteng, II - III Borong
  • Selengkapnya →
  • Pusat gempa berada di darat 28 km Timur laut Ruteng
  • Dirasakan (Skala MMI): II - III Ruteng, II - III Borong
  • Selengkapnya →

Siaran Pers