Audiensi BMKG dengan Kemenpan RB: Penguatan Kelembagaan untuk Manajemen Cuaca

  • Kholis Nur Cahyo
  • 05 Sep 2023
Audiensi BMKG dengan Kemenpan RB: Penguatan Kelembagaan untuk Manajemen Cuaca

Jakarta, 05 September 2023 - Bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), berlangsung pertemuan penting antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. Audiensi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat kelembagaan dalam manajemen cuaca dan iklim nasional. Keberadaan BMKG sebagai lembaga operasional yang memiliki salah satu fokus utama pemantauan cuaca dan iklim ini menjadi sangat vital dalam mendukung berbagai aspek pembangunan nasional.

"Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka membahas penguatan kelembagaan yang fokus pada manajemen cuaca yang khusus menangani penerapan operasional terkait pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan dan/atau menurunkan komposisi unsur meteorologi, klimatologi, dan geofisika," jelas Dwikorita.

Dalam audiensi yang berlangsung hangat, Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyambut baik kehadiran Dwikorita Karnawati dan delegasi BMKG. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, serta sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BMKG dan Kemenpan RB.

Abdullah Azwar Anas menekankan perlunya upaya serius dalam pemantauan perkembangan cuaca, mitigasi terhadap perubahan iklim, pengendalian bencana karhutla, serta dukungan terhadap Program Ketahanan Pangan Nasional yang saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah. Selain itu, dalam pertemuan tersebut, dibahas juga tentang perluasan tugas dan fungsi BMKG, terutama dalam mendukung penyelenggaraan event olahraga dan agenda kenegaraan. Penambahan tugas ini bertujuan untuk memastikan bahwa BMKG dapat memberikan kontribusi maksimal dalam memastikan kelancaran acara penting di tingkat nasional, sekaligus memitigasi dampak cuaca yang terjadi.

Dwikorita mengungkapkan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas dan Kementerian PANRB dalam pengembangan dan penguatan BMKG. Pertemuan ini menegaskan komitmen bersama dalam menjaga keberlanjutan manajemen cuaca dan iklim di Indonesia serta memastikan BMKG tetap menjadi lembaga yang dapat memberikan solusi terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan cuaca dan iklim di masa depan.

Gempabumi Terkini

  • 24 September 2023, 08:27:33 WIB
  • 5.3
  • 38 km
  • 1.83 LU - 96.81 BT
  • 75 km BaratLaut NIASUTARA-SUMUT
  • tidak berpotensi TSUNAMI
  • Selengkapnya →

Siaran Pers