Informasi Proyeksi Perubahan Iklim

Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG telah melakukan pengolahan, pemodelan, dan analisa untuk menghasilkan produk berupa analisa proyeksi perubahan iklim di masa yang akan datang. Beberapa yang menjadi produk dari analisa proyeksi perubahan iklim tersebut, diantaranya:


PETA PROYEKSI KLASIFIKASI TIPE IKLIM OLDEMAN WILAYAH INDONESIA

Klasifikasi tipe iklim Oldeman merupan tipe iklim yang dikembangkan berdasarkan kriteria bulan-bulan basah dan bulan-bulan kering yang terjadi secara berturut-turut. Klasifikasi tipe iklim Oldeman sangat relevan untuk klasifikasi lahan pertanian tanaman pangan terlebih untuk Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara agraris yang sangat dipengaruhi oleh curah hujan. Kriteria bulan basah dan bulan kering dalam pengklasifikasian tipe iklim Oldeman adalah apabila jumlah curah hujan dalam satu bulan > 200 mm maka dinyatakan sebagai bulan bulan basah dan apabila curah hujan dalam satu bulan < 100 mm maka dinyatakan sebagai bulan kering. Adapun klasifikasi tipe iklim Oldeman dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Tabel Iklim Oldeman

Berikut diagram alur dan hasil pengerjaan proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman wilayah Indonesia dengan menggunakan data model CRUERA40 dan data proyeksi iklim dengan Special Report on Emission Scenario (SRES) A1B model CSIRO-MK3.0. Diagram alur pengerjaan proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman

Grafik Oldeman
Perbandingan klasifikasi tipe iklim Oldeman

Gambar 1. Perbandingan klasifikasi tipe iklim Oldeman dengan menggunakan data observasi (A) dan data model CRUERA40 (B)

Proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman periode tahun 2046-2065

Gambar 2. Proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman periode tahun 2046-2065 berdasarkan data CSIRO-MK3.0

Proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman periode tahun 2081-2100

Gambar 3. Proyeksi klasifikasi tipe iklim Oldeman periode tahun 2081-2100 berdasarkan data CSIRO-MK3.0


PROYEKSI CURAH HUJAN WILAYAH INDONESIA

Berikut adalah hasil proyeksi curah hujan dan suhu udara wilayah Indonesia pada periode bulan Desember-Januari-Februari dan Juni-Juli-Agustus (periode tahun 1979-2007 (present) dan periode tahun berdasarkan data model MRI-AGCM3.1s (resolusi 20 km) dengan menggunakan Special Report on Emission Scenario (SRES) A1B

Curah Hujan Des Feb
Perubahan Curah Hujan Des Feb
Curah Hujan Jun Agus
Perubahan Suhu Jun Agus
Suhu Rata rata Des Feb
Perubahan Suhu Rata rata Des Feb
Suhu Rata rata Jun Agus
Perubahan Suhu Rata rata Jun Agus

PROYEKSI SUHU BALI

Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG menyediakan informasi berupa data dan peta spasial dari proyeksi perubahan suhu di pulau Bali dengan resolusi tinggi hingga 5 km, pada rentang waktu saat ini, 10 tahun di periode near future, dan periode far future.

Pola Perubahan Suhu Rata rata Pulau Bali

Info Meteorologi