Buletin Pemantauan Ketahanan Pangan INDONESIA (Vol. 7 - Juli 2017)

  • Mohammad Ridwan
  • 05 Agu 2017

Ringkasan

Curah hujan yang lebih tinggi dari normal mendorong peningkatan produksi tanaman pangan pada awal 2017, namun juga menyebabkan meningkatnya kejadian banjir dan tanah longsor. Prakiraan iklim bulan Agustus dan September menunjukkan curah hujan diatas normal di prediksi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, namun curah hujan yang sangat rendah di prediksi terjadi di Indonesia bagian selatan, terutama Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat bagian selatan dan Jawa bagian timur.

Luas tanam padi pada bulan Juli dan Agustus 2017 sekitar 1,2 juta hektar lebih banyak daripada tahun normal (2013). Terdapat potensi peningkatan serangan hama, oleh karena itu penggunaan input pertanian yang tepat dan peningkatan sistem manajemen hama sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan dan kerugian tanaman pangan.

Rekomendasi

Melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah dan mengurangi potensi serangan hama : Menghindari penggunaan pupuk berbahan dasar nitrogen secara berlebihan Melindungi musuh alami hama dengan membatasi penggunaan pestisida


- Klik tautan ini jika PDF di atas tidak muncul.